Subscribe Us

header ads

Ramadhan Berkah dengan Kajian Kitab Ibanah wal Ifadhoh bersama Keputrian IKPM Kairo


             Bertempat di sekretariat IKPM Gontor cabang Kairo, Keputrian IKPM berkolaborasi dengan Divisi Keilmuan Dewan Pengurus IKPM telah melaksanakan Kajian Kitab Ibanah Wal Ifadhoh yang diperuntukkan untuk warga keputrian karena melihat pentingnya mempelajari ilmu tentang haid dan nifas bagi muslimah, khususnya bagi para penuntut Ilmu di negeri para ulama ini. Kajian ini terselenggara pada bulan Ramadhan sebanyak lima pertemuan, dan tepat pada hari Senin (8/4)  di pertemuan ke lima, Ustadzah Salma Rifdatul Khansa Lc., selaku pengajar telah mengkhatamkan kajian ini dengan selesainya penjelasan seluruh bab dalam kitab Ibanah wal ifadhoh dan membuka sesi pertanyaan.

Di akhir penjelasannya beliau menutup dengan pengingat bahwa berakhirnya kajian bukan akhir dari belajar. ”Dengan berakhirnya kajian ini bukan berarti antum berhenti belajar perihal haid dan nifas yang telah kita pelajari karena minimal dengan antum terus belajar perihal ini, ketika antum mengalami isykal pada diri antum, antum bisa menyelesaikan masalah tersebut, apalagi ketika kembali ke Indonesia dan banyak yang bertanya kepada antum, antum bisa menjawab dengan ilmu yang sudah antum kuasai”, ujar Ustadzah Salma.

 Para peserta kajian yang mayoritas mahasiswi baru kedatangan 2024 sangat antusisas mengikuti kajian ini. “Dengan mengikuti kajian ini aku mendapatkan hal baru yang belum aku ketahui mengenai haid, pengetahuan tentang hal yang selama ini sudah aku alami menjadi semakin luas”, ujar Wilda salah satu peserta kajian.

“Improvisasi ilmu bagi wanita itu penting karena wanita adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya kelak dan kajian ini merupakan wadah yang kami harap bisa menjadi tempat yang tepat untuk teman-teman belajar, apalagi Kitab Ibanah wal Ifadhoh, isinya adalah ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap muslimah. Harapan kami, kesadaran setiap muslimah untuk mempelajari ilmu tentang haid dan nifas meningkat, karena realitanya ternyata banyak kesalahan kecil yang tidak kita sadari mengenai syariat islam yang terkait dengan kewanitaan”, ungkap Naila Arifain selaku Ketua Keputrian IKPM. Acara khataman kitab ini ditutup dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah.    

 

Red: Ishmah

Editor: Ilmi Hatta


Posting Komentar

0 Komentar